25 Agu 2012

25 Ciri Orang Indonesia (Menurut Orang Jerman)

25 Ciri Orang Indonesia. Suka ngaret, berorientasi keluarga dan tidak disiplin. Mungkin itulah ciri atau stereotipe umum tentang orang Indonesia. Mengapa saya tiba-tiba membahas tentang stereotipe? Hal ini berawal dari keingintahuan saya tentang salah satu tips blogging terkenal dalam dunia blogger.


"Make Website for People, then Search Engine will follows". Jika diartikan kurang lebih, "Buatlah sebuah website untuk manusia, lalu mesin pencari akan mengikuti". Maknanya, jika kamu ingin punya website yang terkenal dan bagus di mata Google, buatlah sebuah website yang disukai oleh banyak orang.

Bagaimana cara mengetahui website yang disukai banyak orang, jika kamu sendiri tidak tahu orangnya seperti apa? Dalam hal ini orang Indonesia. Seperti apakah orang Indonesia itu?

Pertanyaan ini yang membawa saya terdampar ke blog seorang pengelana Jerman bernama Christian Skoda. Orang Jerman ini ternyata seorang pengelana, hidup nomaden di era modern dan telah tinggal di banyak negara. Dalam tulisannya, Skoda menuliskan stereotipe tentang orang Indonesia, sebagai berikut:

Indonesians – fearful; neurotic; extroverted; conscientious; warm and friendly people; lazy; live for today – who cares about tomorrow; no planners; religious; family-oriented; supportive; invented the rubber-time/rarely on time; corrupt; superstitious; slow; inferior; polite; lacking discipline; use feeling not logic; do not follow rules; hypocritical; resistant to change; tolerant; low profile; unwilling to confront or give ‘bad news’; silent in meetings; can’t swim



Jika ditranslate, akan seperti ini:

Orang Indonesia -

  1. penakut
  2. neurotik
  3. ekstrovert
  4. berhati-hati
  5. ramah dan bersahabat
  6. pemalas 
  7. hidup hanya untuk hari ini
  8. tidak punya perencanaan
  9. relijius
  10. berorientasi keluarga
  11. suka menolong
  12. penemu jam karet/jarang tepat waktu 
  13. suka korupsi 
  14. tidak rasional
  15. lambat
  16. senang jadi pengikut
  17. tata krama
  18. kurang disiplin
  19. menggunakan perasaan bukan logika
  20. tidak mematuhi peraturan
  21. toleran
  22. rendah hati
  23. tidak suka bermusuhan atau memberikan kabar buruk,
  24. diam dalam rapat
  25. tidak bisa berenang 



Kalo menurut saya, stereotipe orang Indonesia ini banyak benarnya juga loh. Bagaimana menurut kamu? Apakah sependapat? Tapi sebelumnya, perlu diketahui bahwa stereotipe hanyalah pendapat/prasangka secara umum. Ada negatif dan positifnya. Tulisan Skoda di atas saya harap banyak membantu teman-teman blogger dalam mengenali seperti apa orang Indonesia itu. Orang Indonesia adalah pembaca blog yang teman-teman blogger semua miliki. Orang Indonesia adalah kita.

SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...